Definition List

Tuesday, July 30, 2013

Cleaning Purpose

Berikut adalah jenis jenis kimia yang berfungsi sebagai pembersih.


1. Biang Cuka

Biang Cuka adalah larutan yang pekat dari cuka bercampur dengan zat – zat lain.

Untuk penentuan asam cuka tidak dapat dititrasi langsung, tetapi diencerkan dahulu sampai konsentrasi cuka cukup rendah. Titrasi dilakukan dengan NaOH standard.

Biang cuka dapat digunakan untuk menghancurkan beton.


Natrium hidroksida merupakan nama lain dari caustic sodaCaustic soda memiliki rumus kimia yaitu NaOH (natrium hidroksida) yang bersifat basa, tidak berbau dan tidak berwarna.

soda caustic merupakan bahan kimia yang sangat korosif dan reaktif. larutan soda caustic mudah bereaksi dengan logam seperti aluminium, magnesium, seng, timah, kromium, perunggu, kuningan, tembaga, dan paduan mengandung logam. 

bahan kimia yang sangat serbaguna. Termasuk di antara banyak aplikasi salah satunya adalah sebagai salah satu bahan pembuatan produksi sabun dan deterjen,. selain itu pula, caustic soda juga ampuh dalam membersihkan kotoran menempel seperti di WC.














Bahan kimia satu ini sedang populer karena kegunaannya sebagai bahan baku dalam membuat semir ban pada kendaraan.

Hidrogen peroksida (H2O2) adalah cairan bening , agak lebih kental daripada air, yang merupakan oksidator kuat. Karena Hidrogen Peroksida adalah oksidator yang kuat, bahan ini dimanfaatkan manusia sebagai bahan pemutih (bleach), disinfektan, oksidator, dan sebagai bahan bakar roket. 

Kebutuhan industri akan hidrogen peroksida terus meningkat dari tahun ke tahun. Sampai saat ini Indonesia masih melakukan impor untuk menutupi kebutuhan di dalam negeri. 

 Sebagai Bahan pemutih Hidrogen Peroksida adalah bahan pemutih yang paling tepat dan efisien untuk tekstil. Hidrogen peroksida dijual bebas, dengan berbagai merek dagang dalam konsentrasi rendah (3-5%) sebagai pembersih luka atau sebagai pemutih gigi (pada konsentrasi terukur). 

Dalam konsentrasi agak tinggi (misalnya merek dagang Glyroxyl®) dijual sebagai pemutih pakaian dan disinfektan.

Penggunaan hidrogen peroksida dalam kosmetika dan makanan tidak dibenarkan karena zat ini mudah bereaksi (oksidan kuat) dan korosif. Pembersih air Hidrogen Peroksida juga dipergunakan untuk membersihkan air limbah yang tercemar polusi seperti : Hidrogen Sulfida (H2S), Phenilics, Cyanides, dan unsur lain yang terdapat dalam limbah air

Dalam larutan kimia, Larutan asam klorida atau yang biasa kita kenal dengan larutan HCl dalam air, adalah cairan kimia yang sangat korosif dan berbau menyengat. HCl termasuk bahan kimia berbahaya atau B3.

Berikut ini adalah beberapa bidang yang memanfaatkan HCl, baik pada skala industri maupun skala rumah tangga. 
1. HCl merupakan bahan baku pembuatan besi (III) klorida (FeCl3) dan polyalumunium chloride (PAC), yaitu bahan kimia yang digunakan sebagai bahan baku koagulan dan flokulan. Koagulan dan flokulan digunakan pada pengolahan air. 
2. Sebagai bahan baku pembuatan vinyl klorida, yaitu monomer untuk pembuatan plastik polyvinyl chloride atau PVC. 
3. Asam klorida digunakan pada industri logam untuk menghilangkan karat atau kerak besi oksida dari besi atau baja. 
4. Asam klorida dimanfaatkan pula untuk mengatur pH (keasaman) air limbah cair industri, sebelum dibuang ke badan air penerima. 
5.HCl digunakan pada proses produksi gelatin dan bahan aditif pada makanan. 
6. Di laboratorium, asam klorida biasa digunakan untuk titrasi penentuan kadar basa dalam sebuah larutan. 7. Asam klorida juga berguna sebagai bahan pembuatan cairan pembersih porselen. 
8. HCl digunakan pula dalam proses regenerasi resin penukar kation (cation exchange resin). 
9. Kegunaan-kegunaan lain dari asam klorida diantaranya adalah pada proses produksi baterai, kembang api dan lampu blitz kamera. 
10. Campuran asam klorida dan asam nitrat (HNO3) atau biasa disebut dengan aqua regia, adalah campuran untuk melarutkan emas. 
 11.Pada skala industri, HCl juga digunakan dalam proses pengolahan kulit. 

Manfaat asam klorida atau HCl di atas hanyalah sebagian diantaranya. Masih banyak bidang lain yang mempergunakannya.




















Kaporit atau Kalsium hipoklorit adalah senyawa kimia yang memiliki rumus kimia Ca(ClO)2. Kaporit biasanya digunakan sebagai zat disinfektan air

Tawas kalium atau lebih sering disebut sebagai tawas diperoleh dari alumina yang direaksikan dengan kalium sulfat. 
Kegunaan Tawas : 
  1. Aftershave (krim cukur) Tawas digunakan dalam aftershave karena sifatnya sebagai astringent.Tawas dapat dioleskan pada wajah yang baru dicukur untuk mencegah dan mengurangi perdarahan yang disebabkan karena luka kecil. 
  2. Deodoran Tawas juga dikenal sebagai kristal deodoran dan digunakan secara luas sebagai solusi untuk masalah keringat berlebihan. Tawas berguna untuk menekan pertumbuhan bakteri di ketiak. 
  3. Wasir Bubuk tawas bisa digunakan untuk mengobati wasir dan berfungsi mencegah perdarahan. 
  4. Sariawan Bubuk tawas juga digunakan untuk mengobati sariawan. Terapkan sejumput tawas ke daerah yang terkena sariawan. 
  5. Baking powder Tawas digunakan sebagai campuran dalam baking powder untuk memberikan rasa logam samar. 
  6. Bahan pengawet Tawas bisa digunakan sebagai bahan pengawet dan aditif makanan. Namun perlu berhati-hati dengan jumlah tawas yang digunakan, karena lebih dari satu ons tawas bisa menyebabkan keracunan. 
  7. Fotografi Tawas umum digunakan oleh fotografer yang menggunakan teknik tradisional untuk mencetak film. Tawas berguna mengeraskan film gelatin. 
  8. Bahan anti api Larutan yang mengandung tawas digunakan pada berbagai benda seperti kayu, kain, dan kertas untuk meningkatkan ketahanannya terhadap api. 
  9. Pemadam kebakaran Tawas merupakan komponen dari foamite yang digunakan dalam alat pemadam kebakaran. 
  10. Pemutih kulit Tawas digunakan sebagai salah satu bahan pembuat pemutih kulit. 
  11. Pengolahan air Tawas umum digunakan dalam pengolahan air. Tawas menangkap partikel halus dalam air dan membentuk endapan aluminium hidroksida yang mengendap di dasar sehingga mudah dibersihkan. 
  12.  Lilin (tanah liat) mainan Tawas merupakan salah satu bahan yang digunakan dalam lilin (tanah liat) mainan yang digunakan untuk membentuk berbagai model. 
  13. Pasta gigi Tawas merupakan salah satu bahan yang dipergunakan untuk membuat pasta gigi. 
  14. Krim rambut Tawas digunakan sebagai salah satu bahan pembuat krim rambut untuk membuat tatanan rambut awet sepanjang hari. 
  15. Penghilang rambut Tawas dapat digunakan untuk menghilangkan rambut tubuh yang tidak diinginkan seperti pada kaki atau ketiak.  
  16. Pembuat kristal buatan Tawas digunakan untuk menumbuhkan kristal. Anda dapat menumbuhkan kristal menggunakan bubuk tawas. Tuangkan setengah cangkir air panas dalam botol yang bersih dan tambahkan tawas kemudian aduk. Biarkan larutan selama semalam. Di pagi hari, tuangkan larutan ke botol bersih lain. Anda akan melihat kristal tawas terbentuk di bagian bawah tabung. 
  17. Mencegah siput Tawas dapat digunakan untuk membunuh dan mencegah siput. Cukup tambahkan satu sendok makan bubuk tawas pada 5 liter air dan siramkan pada tanah yang diinvasi siput. Larutan tawas akan membantu membunuh siput dan telurnya di dalam tanah.
untuk pemesanan/penawaran dapat mengisi form dengan cara klik sini

5 comments:

This comment has been removed by a blog administrator.

Mau tanya nich, untuk mengeraskan tempurung kelapa atau tempurung kemiri agar menjadi sangat keras memakai apa ya?

Mau tanya ni..pipa paralonku kemasukan bebda plstik terus gk lancar...bisa di hancurkan dgan bahan apa ya...

Mau tanya ni..pipa paralonku kemasukan bebda plstik terus gk lancar...bisa di hancurkan dgan bahan apa ya...

Post a Comment